Psikologi #6: Tetap sehat bugar selama berpuasa dengan berolahraga - MZAINI30

Sabtu, 02 Mei 2020

Psikologi #6: Tetap sehat bugar selama berpuasa dengan berolahraga


Selama puasa ini, apa aja yang kamu lakukan? Nggak tidur-tiduran aja kan? Kalau kita malas-malasan selama puasa ya rasanya tu cepat lemes dan bakalan berat menjalankan puasa. Mending kita tetap berolahraga selama puasa daripada tidur-tiduran aja. Eh iya, tapi kan kita nggak bisa keluar rumah selama ada ini wabah. Terus, gimana dong?

Olahraga catur

Catur, walaupun bentuk olahraganya itu nggak membuat kita beraktivitas banyak; hanya duduk di hadapan pion-pion catur, itu sudah termasuk berolahraga. Kan, otak kita bergerak ketika sedang berolahraga catur. Makanya, dimasukkan sebagai olahraga.

Olahraga online

Olahraga online atau esport saat ini sedang digandarungi oleh segala macam usia; dari anak kecil hingga orang dewasa. Bentuk olahraga ini juga sangat menyenangkan, yaitu hanya bermain game di dalam HP.

Oh iya, terkait dengan istilah sport, game, dan play, sebenarnya sih sama aja hanya bentuk kerumitannya saja yang berbeda. Aku sadur dari buku The Harmony of Humanity karya Prof. Dr. Raghib As-Sirjani, bahwasanya manusia pada awalnya hanya bermain-main (play). Lalu, ketika permainan ini dimainkan bersama banyak orang secara bersama-sama (multiplayer), maka permainan ini sudah masuk ke istilah game. Lalu, ketika game tersebut memiliki berbagai teknik dan aturan bersama dalam melakukannya, maka sudah masuk sport. Maka, berdasarkan definisi di atas, permainan online semacam PUBG, ML, dan permainan lainnya sudah masuk ke ranah sport karena kita harus memiliki teknik tertentu agar bisa menang.

Membaca buku

Aku nggak tau sih, apakah ada orang atau ahli di bidang olahraga yang memasukkan membaca buku sebagai olahraga. Namun, logikanya kan, kalau bermain catur yang memerlukan kecerdikan otak saja sudah termasuk sport, maka tentunya membaca buku juga termasuk karena membaca buku ini kan juga memerlukan kesabaran.

Olahraga rumahan

Olahraga rumahan adalah berbagai macam olahraga yang bisa kita lakukan di rumah; nggak perlu keluar rumah. Seperti sit up, push up, dan lain sebagainya. Kalau kita nggak tau nih, urutan olahraganya apa, lalu banyaknya berapa, kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi kebugaran yang ada di Play Store.

Oke, itu sih menurutku olahraga-olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama bulan puasa ini. Kalau menurutmu gimana? Ada olahraga lain yang belum kusebutkan? Komen di bawah ya...

#rwcOdop2020
#oneDayOnePost
#rwcDay8
#ramadhan2020

Share with your friends

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti