Cerpen #9: Syakur tertidur mendengkur di kasur usai belimbur - MZAINI30

Minggu, 03 Mei 2020

Cerpen #9: Syakur tertidur mendengkur di kasur usai belimbur


Belimbur adalah pesta tahunan rakyat Kutai Kartanegara atas keberlimpahan rizki yang diberikan oleh Sang Kuasa. Tentunya, masyarakat ingin mengungkapkan kepada Sang Kuasa suatu bentuk rasa syukur.

Syakur yang beberapa hari lalu menyelesaikan KKNnya di Kedang Ipil; kampung tertua masyarakat Kutai Kartanegara dan masih memegang tradisi adat lawas, mendapat kabar bahwa sebentar lagi akan diadakan upacara belimbur.

'Masykur kan rumahnya di Loa Duri, dan itu sudah masuk daerah Kutai Kartanegara. Duh, bakalan kena belimbur nih,' pikir Syakur.

Guntur mendebur-debur langit kelam siang itu. Namun Syakur tetap membulatkan tekad untuk pergi ke rumah Masykur karena tugas KKN yang belum tuntas saat di desa Kedang Ipil. Dan memang mereka berdua ingin menyelesaikan tugas secara berangsur-angsur.

Dulur Syakur sih ada Angelina dan Michele. Tapi kan mereka berdua sudah masak enak selama KKN. Ya, jadinya nggak enak sih minta mereka buat menyelesaikan tugas KKN yaitu membuat brosur.

Brosur sederhana sih, tentang berbagai kegiatan Erau yang sedang berlangsung bulan ini dan diedarkan ke masyarakat di Kutai Kartanegara. Tapi tentu saja, Syakur masih galau karena ke rumah Masykur bakal ketemu dengan belimbur.

Belimbur itu ya air yang disiram-siram ke kita yang sedang berkendara dan melintasi daerah Kutai Kartanegara. Ya mau nggak mau sih. Entah kita itu masyarakat Kutai maupun warga asing yang sedang berlibur.

Syakur akan melintasi jembatan yang memasuki wilayah Kutai Kartanegara. Dia tenang saja karena sudah yakin bakalan basah baju terkena air yang disembur.

Syakur yang telah tiba di rumah Masykur nggak langsung ngerjain tugas. Tapi tidur dulu di kasur hingga mendengkur.

#rwcOdop2020
#rwcDay10
#ramadhan2020
#oneDayOnePost
#kasur
#kaumRebahan
#rebahanDay

Share with your friends

2 komentar

  1. Syakur tidur mendengkur di rumah maskur. Tugas brosur jadi g kelar krn tidur. Tidurnya syakur krn belembur....keren mbk Zen..

    BalasHapus

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti