Psikologi #5: Jiwa perfeksonisme yang tampak dari cara mengisi stoples - MZAINI30

Kamis, 30 April 2020

Psikologi #5: Jiwa perfeksonisme yang tampak dari cara mengisi stoples


Ada dua tipe manusia dalam menyusun segala sesuatu; yang rapi banget dan yang berantakan banget. Ya, memang suatu dualitas yang sangat bertentangan jauh sih. Kalau kamu ingin mengukur segala sesuatunya ya memang harus dua hal yang saling bertentangan kayak gitu. Contoh lainnya, siang dan malam, panas dan dingin, putih dan hitam, gelap dan terang. Jadi, nggak ada ya di tengah-tengahnya macam setengah rapi dan setengah berantakan. Setiap orang mesti memiliki kecenderungan salah satu di antara keduanya.

Kamu di pihak yang mana? Yang rapi atau yang berantakan?

Salah satu cara melihat seseorang rapi atau nggak ya dari caranya menyusun barang-barang di dalam stoples. Kalau dia menyusunnya rapi banget, berarti bisa jadi dia orang yang rapi. Vice versa.


Misalnya seperti menyusun benda-benda berdiri di atas (yang aku nggak tau apa namanya itu). Bagi orang yang nggak biasa rapi ya langsung geletakkan gitu aja. Nggak urus apakah nanti rapi atau nggak. Atau, ketika kita meletakkan biji-bijian ke dalam stoples, sabar nggak sih kita dalam menyusunnya berdasarkan warna-warna serupa?


Anggap aja itu stoples nggak ada sekatnya ya. Hehehhehe (salah cari gambar aku).

Apakah perfeksionis berarti anankastik?

Belum tentu. Oh iya, buat kalian yang belum tau apa itu anankastik, jadi anankastik adalah suatu gangguan psikologis yang membuat subyek berpikir bahwasanya "segala sesuatu nggak pernah beres". Jadi, dia bakal ngelap meja yang sudah bersih secara terus menerus, atau selalu menyapu lantai padahal sudah bersih banget lantainya.

Jadi, kalau perfeksionis nggak sampai situ biasanya. Kalau sudah bersih lantainya ya udah; nggak diulang-ulang terus bersihkannya. Jadi memang kalau segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Misalnya aja kayak contoh di atas, kalau perfeksionis secara berlebihan takutnya jadi anankastik.

#RWCODOP2020
#OneDayOnePost
#RWCDay7
#Ramadhan2020

Share with your friends

4 komentar

  1. Saya tipe yg rapi... perfectionist sig g juga...klu rapi enak dilihat...nah, klu mbk Zen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah asal naro barang Mbak. Hahahhaha

      Hapus

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti