Bedah Website #5: Bedah blognya Mbak Sulis - MZAINI30

Selasa, 28 April 2020

Bedah Website #5: Bedah blognya Mbak Sulis

Oke, kali ini kita akan membahas salah satu blog yang juga tergabung dengan Squad Blogger ODOP. Kali ini kita akan membahas blognya Mbak Sulis yang beralamat di http://sulisrahmadani.blogspot.com/.

Tampilan


Untuk tampilan blognya, bisa kukatakan sangat meriah dan sepertinya menggambarkan pribadi pemilik blog ini yang sangat meriah. Kayaknya sih. Hehehehe. Beda sama blogku yang sukanya putiiiih aja warnanya. Kayak nggak ada semangat hidup. Hehehehe.

Terus, yang aku suka dari tampilan blog ini adalah penggunaan fitur menu dan ada dropdownnya. Seperti yang bisa kamu lihat di screenshot di atas, bahwasanya ketika aku hover pada bagian Dribble, maka akan muncul submenu-submenunya seperti Tak Kasat Mata, Time Machine of Yura, dan lain sebagainya. Dan menurutku, pengelompokan menunya sudah sangat apik. Ada juga menu wacana yang berisikan dengan link-link menuju artikel-artikel. Lalu ada cerpen, dan reality.


Lalu, untuk tata letaknya, di bagian kiri adalah konten sedangkan di bagian kanan adalah aside atau tempat untuk meletakkan berbagai gadget blog. Menurutku, sudah standar sih sama seharusnya blog itu seperti apa. Dengan meletakkan konten di bagian kiri, maka konten itu yang pertama kali tampak oleh pergerakan mata (yang biasanya membaca dari arah kiri) dibandingkan dengan berbagai gadget blog.

Tulisan


Dari segi tulisan, aku akan mencoba menelaah tulisan di blog Mbak Sulis yang berjudul Hack? and Worst Experience. Kalau dari isinya, Mbak Sulis ini nulisnya mengalir dan lancar banget dalam hal pengembangan ide. Kalau ada orang yang mengatakan bahwa "menulis itu harus dari hati", yap, aku temukan di sini.

Aku jadi membayangkan, kalau Mbak Sulis ini nulis novel (sudah ada kah novelnya?) kayaknya novelnya ini memiliki ruh tulisan yang hampir serupa dengan novel-novel karya Rick Riordan (Percy Jackson dan semacamnya). Soalnya ya memang gaya penulisannya yang serupa; menulis dengan teknik story telling seperti bertatapan langsung dan mengalir bebas.

Dan tulisannya lumayan panjang kalau dibandingkan dengan blog-blog pada saat ini yang lebih menonjolkan subjudul dan gambar. Tapi, untungnya aku sudah terbiasa baca buku. Jadi, nggak masalah sih aku dengan panjang tulisannya. Malah bagus katanya kalau dari segi SEO.

Kalau aku lihat secara sekilas di arsip tulisan, sepertinya Mbak Sulis ini biasa menulis tentang sastra dan ulasan. Kalau aku cari tentang pemrograman ya nggak nemu. Hehehehe...


Kemudian, aku mencoba menelaah tulisan tentang biografi Mbak Jihan. Cukup lengkap. Berbagai informasi yang biasanya ditanyakan tentang suatu biografi ada di situ. Seperti biodata dasar; siapa orangtuanya dan aktivitas saat ini, juga tentang karya yang ditulisnya, ada semua di situ. Namun, tentu saja, seperti khasnya Mbak Sulis dalam story tellingnya, ya ngalir aja gitu, nggak kaku. Beda sama aku yang biasanya nulis hal-hal teknis; jadi ya agak kaku gitu.

Oke, itu aja sementara ini reviewnya. Jadi, menurutmu gimana? Apakah review ini masih kurang atau kamu ada tambahan lagi? Langsung komen aja di bawah ini ya...

Share with your friends

13 komentar

  1. Mantap-mantap... Review blog aku juga dong mas zen wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Blog Mba Sulis memang meriah, seneng liatnya warna warni gitu. Btw memang beda jauh sama mas Zen putih sama coklat wkwkwk. Apa semua Laki2 gitu yaa? Simple aja gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Download template Igniel
      - Pasang
      - Pas dilihat blognya, "Hmm... udah sih oke aja." Hahahahha

      Hapus
  3. Memang ya.. setiap orang punya ciri khas gaya penulisannya.
    Btw, aku juga pengen bisa nulis yang simple2 aja, ndak bertele-tele kayak punya mas zen, tapi susah, ujung-ujungnya kayak buat caption..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah susah nulis panjang. Hahahhaa

      Hapus
  4. Wah.. baca blog mas zein jadi tambah semangat. Blog punyaku sih simple bangets wkwk..

    BalasHapus
  5. Iyalah enggak nemu bab coding, cukup Mas Zen saja yang menuliskan biar tidak semajin banyak yang lola kayak aku saat buka percodingan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coding itu seru loh Mbak. Heheheheh

      Hapus
  6. Nice artikel mas, thx info ya
    Btw numpang nitip link ya mas wWw.Techdefault.blogspot.com

    BalasHapus
  7. blog nya mba sulis nih memang sudah TOP deh :)

    BalasHapus

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti