Menulis #1: Mengapa susah menulis - MZAINI30

Kamis, 16 April 2020

Menulis #1: Mengapa susah menulis

Setiap kegiatan kita itu adalah buah dari latihan berulang-ulang. Begitu pula dengan menulis. Kalau kita jarang menulis ya susah.

Jadi, apa aja sih yang membuat kita susah banget buat nulis? Aku merangkum beberapa hal:

1. Nggak PD
2. Suasana menulis yang nggak nyaman
3. Belum terbiasa menulis

Nggak PD


Rumus gampang dari menulis adalah tulis aja apa yang ingin kamu tulis. Walaupun memang kamu nggak yakin nih apakah tulisanmu ini layak dibaca apa nggak. Ya tetap PD aja. Tulis aja yang kamu tau.

Nggak usah khawatir apakah tulisanmu nanti ada yang membacanya atau nggak. Selama kita menulis, itu artinya kita menyimpan ide yang ada di kepala kita supaya abadi, bisa diambil manfaatnya kapanpun.

Suasana menulis yang nggak nyaman


Belum terbiasa menulis


Kalau aspek yang terakhir ini sih intinya ya banyakin aja menulis. Menulis di manapun. Teruslah menulis. Karena kalau terus-terusan menulis, maka kita akan terbiasa dengan menulis dan mungkin nanti kalau misalnya kita ingin membuat novel, tiga hari aja selesai.

Wow. 

Tapi nggak ada yang nggak mungkin kan? 

Share with your friends

2 komentar

  1. Betul sih, harus sering belajar dan sering melihat bagaimana orang menulis agar bisa belajar juga wuehehe.. Wahh tampilannya baru lagi ya mas :D

    BalasHapus

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti