Buku #3: Manfaat membaca buku buat kehidupan - MZAINI30

Jumat, 17 April 2020

Buku #3: Manfaat membaca buku buat kehidupan

Buku berbeda dengan media lainnya. Dia statis, nggak dinamis; sehingga mengajarkan kepada kita untuk sabar dalam merayapi setiap hurufnya, kata, suku kata, simbol-simbol, imaji-imaji, berbagai metafora yang menari-nari dalam untaian goresan pena---terpajang di depan mata. Yah, itu nggak akan bisa kita nikmati kalau kita nggak sabar dalam menikmati prosesnya.

Selain sabar dalam kestatisan buku, kita juga diminta sabar dalam menerima berbagai ide atau falsafah yang mengalir dalam kisah di buku. Kita sebagai pembaca, tentu nggak bisa menyetir buku untuk menceritakan berdasarkan keinginan kita. Tentu, kita yang mengikuti falsafah dan idealis sang penulis. Entah penulis berkisah tentang romansa, pembunuhan, kasih tak sampai, atau janji suci yang terbalut pada urusan perang, tentu itu adalah imaji yang timbul dari benak sang penulis. Maka, kita sebagai pembaca hanya mengikuti kisah yang ditawarkan oleh sang penulis.

Manusia itu unik, penuh dengan kisah yang beraneka ragam. Namun sayang, kita terlalu menutup mata dan telinga untuk menerima berbagai perbedaan itu.

Kemudian, setelah kita berusaha untuk sabar mengikuti alur yang disampaikan oleh penulis, maka kita mendapatkan insight, wawasan, dan pengetahuan tentang manusia dan dunianya yang unik. Mungkin selama ini kita nggak mengenal manusia (yap, diri kita sendiri) karena kita berpaling dan nggak menyentuh buku. Moga, setelah petualangan kita bersama buku, kebijaksanaan kita bertambah dan kita menjadi pribadi yang mulai bisa terbuka pada setiap perbedaan dan memiliki wawasan yang lebih luas.

Share with your friends

Maskot Pelarang Adblock

Hallo Kak, Perkenalkan saya Zen. Untuk bisa mengakses situs kami, terlebih dahulu matikan atau non-aktifkan ekstensi AdBlock nya yaaa...

Ok , Saya Mengerti